Home

Sabtu, 26 Juni 2010

Web Usability Part 1

Dastan Books -A Web Usability Analysis- 

Sebelum kita benar-benar mengulas tentang halaman suatu website, ada baiknya kita mengetahui dulu tentang web usability terlebih dahulu...

Apa sih web usability itu?? Berdasarkan webcredible, Web usability adalah suatu cara yang sedemikian rupa sehingga user dapat menemukan apa yang mereka cari dengan cepat dan efisien. Ada beberapa kriteria dalam web usability, diantaranya yaitu

Website harus mudah dinavigasikan
User mulai terbiasa dengan layout dan frasa tertentu yang sering digunakan di internet. Jangan pernah meremehkan hal ini. Jika pada suatu website, navigasinya buruk, hanya akan membuat user tidak puas dan akan membuat website itu ditinggalkan oleh user.

Halaman dapat di-download secara cepat
Sangat penting agar halaman suatu website dapat didownload dengan cepat. Studi tentang usability menunjukkan bahwa 8.6 detik adalah waktu maksimum web user akan menunggu sebuah halaman untuk di-download (Sumber : Andrew B. King - Speed Up Your Site). Pada Maret 2004, hanya 25% UK web users yang telah broadband (Sumber : National Statistics).

Mudah dalam mendapatkan informasi
 Berbeda dengan cara kita membaca sebuah hasil print atau buku, dalam membaca sebuah website, kita dan user lainnya cenderung membaca dalam metode scan, dimana tidak semua informasi kita baca, tetapi hanya poin-poin tertentu yang menonjol. Sehingga akan lebih baik pada suatu website, informasi yang ingin ditonjolkan, diletakkan pada tempat-tempat tertentu (headings, link text, bold text, bulleted lists).
 
Pembatasan tidak harus ditempatkan pada user
Jangan pernah membatasi ataupun melarang user untuk melakukan navigasi sesuai dengan keinginan mereka. Pembatasan hanya akan membuat user tidak nyaman bahkan kesal yang akan berakibat user enggan mengunjungi suatu website.

Sumber : webcredible dengan beberapa penyesuain

Selain kriteria-kriteria yang disebutkan di atas, masih banyak kriteria lain. Akan tetapi, kriteria-kriteria itu akan langsung kita bahas pada saat mengulas website.
Jadi, tunggu postingan selanjutnya ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar