Home

Sabtu, 26 Juni 2010

Web Usability Part 7 -Halaman Login, Pendaftaran, dan Member Card-

Dastan Books -A Web Usability Analysis- 
Kali ini, saya akan membahas banyak halaman sekaligus tetapi saling berhubungan.

 Kotak login, terdapat di sebelah kiri setiap halaman. Kotak ini sebenarnya memudahkan user karena juga dilengkapi dengan kereta belanja (dapat digunakan untuk melihat apa saja yang telah user pilih) dan bantuan. Sayangnya, kotak di area ini termasuk untuk daftar baru, menggunakan huruf berwarna abu-abu yang tidak terlalu gelap sehingga terlihat seperti non-aktif.. Di bawahnya, terdapat link berupa gambar dan tulisan untuk mendapatkan member card. Gambar dan tulisan ini cukup eye-catching dan memudahkan pengguna jika ingin mendapatkan member card.

Jika kita tidak mengisi email, akan muncul notification seperti ini

Notificatin semacam ini (berupa pop up) kurang cocok digunakan dalam sebuah aplikasi berbasis website. hal ini karena selain pop up lebih familiar pada aplikasi berbasis dekstop, juga mengganggu kenyamanan user selama browsing.

Apabila kita mengisi password yang tidak cocok, maka yang keluar adalah seperti ini

Halaman yang muncul seperti gambar di atas. Hal ini memudahkan user karena langsung disediakan kotak loginnya. Selain itu, notificationnya ditulis dengan warna merah yang menandakan adanya kesalahan. Sedangkan bila tidak mempunyai account, terdapat notification yang me-link langsung ke halaman daftar. Hal ini tentu memudahkan bagi user. akan tetapi, tidak disediakan notification apabila user lupa akan passwordnya. Hal ini tentu tidak efektif dan menyulitkan user.

Link lupa password terdapat pada kotak login yang ada di sebelah kiri, tepatnya terletak di bawah daftar. Hal ini jelas menyulitkan usr karena user harus scroll ke bawah dulu (tidak langsung di bawah tombol login/masuk). Gambar halaman yang muncul/link halaman saat kita meng-klik lupa password yaitu

Terdapat ketidakkonsistenan yang akan membingungkan user yaitu penggunaan username, padahal pada kotak login, yang selama ini diminta adalah email.



Apabila user melakukan pendaftaran baru, pada halaman daftar, akan muncul seperti ini


Tanda * berwarna orange merupakan penanda bahwa field tersebut required. Sayangnya Dastan tidak menyediakan tulisan/keterangan tersebut. Untuk tanggal lahir menggunakan dropdown list. Tetapi tanggal lahir, ada baiknya menggunakan default tanggal 1 dan bulan Januari tetapi dalam bahasa Indonesia (Dastan menggunkan bahasa Inggris untuk nama bulan) supaya konsisten. Kotak isian yang sejajar juga memudahkan user, akan tetapi sebaiknya tulisannya jangan menyambung ke bawah, tetapi ke samping (arah pemotongan kata). Tombol submit berwarna abu-abu pudar dan terlihat seperti non-aktif. Hal ini jelas mengganggu dan membingungkan user. Sebaiknya digunakan warna yang lebih cerah/kuat.

Jika user ingin mendaftarkan member card, halaman yang akan muncul adalah halaman ini

Terdapat ketidakkonsistenan yang akan membingungkan user yaitu penggunaan username, padahal pada kotak login, yang selama ini diminta adalah email. Tanda * berwarna orange merupakan penanda bahwa field tersebut required. Sayangnya Dastan tidak menyediakan tulisan/keterangan tersebut. Tombol submit berwarna abu-abu pudar dan terlihat seperti non-aktif. Hal ini jelas mengganggu dan membingungkan user. Sebaiknya digunakan warna yang lebih cerah/kuat. Tetapi terdapat link pada tulisan 'disini' dan ditandai dengan garis bawah (yang memang menunjukkan adanya link). Jika tulisan 'disini' di-klik, akan ter-link ke halaman Daftar Baru.

3 komentar:

  1. jika terdapat kekurangan pada user usability, maka akan menurunkan nilai user interface dan user experience,,,

    BalasHapus
  2. pada form akan lebih baik jika teks username, password,dll menggunakan rata kanan bukan rata kiri, untuk memudahkan pengguna untuk membaca..
    nice info..
    semangat!

    BalasHapus
  3. wah kalo klik disini kurang bagus , seharusnya klik daftar ..good review

    BalasHapus