Home

Sabtu, 26 Juni 2010

Web Usability Part 5 -Halaman Buku Tamu-

Dastan Books -A Web Usability Analysis- 
Melanjutkan postingan sebelumnya, sekarang kita kan mengulas tentang buku tamu di Website Dastan.....


Ini adalah gambar dari halaman Buku Tamu Dastan. Jenis huruf yang digunakan memudahkan untuk dibaca. Tetapi, ukuran (Caps Lock)nya tidak seragam (tergantung si penulis buku tamu). Sayangnya, nama pengirim berwarna biru tetapi ketika dicoba untuk di-klik, tidak bisa di-link. Begitu pula tulisan website dan email tidak semua dapat langsung dibuka ketika di-klik (tergantung si penulis menuliskan website dan emailnya apa tidak). Penanda dapat di-klik (di-link) pada tulisan website/email adalah ketika di dekatkan, kursor berbentuk tangan dan tulisan ada garis bawahnya. Hal ini memudahkan user.

Tulisan Isi Buku Tamu yang berwarna biru dapat di-klik dan me-link ke halaman form isian. Akan tetapi, karena tulisan ini ukurannya sama dengan nama pengisi di bawahnya, sehingga hampir telewat/tidak mencolok, yang jelas akan membuat user yang ingin mengisi kebingungan dan harus mencari-cari terlebih dahulu hingga menyadari bahwa tulisan tersebut dapat di-link. Akan lebih baik jika jenis dan ukuran tulisan untuk kata-kata tersebut dibedakan dari yang lainnya untuk memudahkan user.

Setelah di-klik, akan ter-link ke halaman form isian.

Tidak ada keterangan field mana saja yang required sehingga membingungkan user untuk mengisi. Selain itu, terlihat ketidakkonsistenan dimana selain kata 'website' kata lainnya diawali dengan huruf besar. Selain itu, tombol submit dan reset yang menggunakan warna abu-abu pudar yang terlihat seperti non-aktif akan membingungkan user.

1 komentar: